Kamis, 20 April 2017

CARA BIKIN SUARA KNALPOT RACING RX KINGRX KING GARANG

Knalpot Racing Rx King

Sebuah pertanyaan yg mengawali artikel saya kali ini, mengapa
suara Knalpot Racing Rx King saya cempreng?. Sebuah pertanyaan yg sebenarnya
datang dari Teman saya yg juga mengendarai sebuah motor Rx King, yg knalpotnya telah diganti dg Knalpot Racing Rx King yg harganya jauh lebih mahal dg merk terkenal dari Knalpot Racing Rx King yg saya miliki saat ini.


Knalpot Racing Rx King
KNALPOT RACING RX KING 0822 6650 9525


Awalnya teman saya datang dg penuh percaya diri, tapi setelah
mendengar suara knalpot  Narjo saya yg seperti irama GENDANG DANGDUT itu, kepercayaan diri teman saya itu pun menghilang dibalik awan. Bukannya kenapa-kenapa sih, hanya saja Suara yg diperdengarkan oleh Knalpotnya itu fals banget alias cempreng yg membuat pemiliknya sendiri pun pusing 7 keliling.

Menurut teman saya itu, pada awalnya suara yg diperdengarkan oleh knalpotnya merdu, jadi siapa pun yg mendengarnya pasti akan terpana dan merindu untuk mendengarnya lagi, tapi semuanya berubah setelah 5 bulan pemakaian. Suara merdu itu pun perlahan-lahan menjadi sumbang Bin CEMPRENG dah.

Ini tak boleh dibiarkan terlalu lama karena sangat mempengaruhi kepercayaan diri sang penunggang motor. Motor bagus koq suaranya cempreng, apa kata dunia.

"Tenang bro, kelihatannya ada yg salah dalam knalpot ente, ayo kita ke bengkel" ajak saya. Hehehee saya kan bukan mekanik jadi enggak tahu penyebabnya, Jadi solusi yg terbaik yg saya ajukan ya ke bengkel . Teman saya pun manggut-manggut tanda setuju.

Kita berdua langsung pergi ke bengkel langganan, bengkel dimana pemilik serta mekaniknya punya senyuman termanis dibandingkan dg bengkel-bengkel lain. Nah bila mas bro mau buka usaha bengkel mas bro harus punya senyuman manis kalau mas bro tak pandai tersenyum apa lagi berwajah masam, saya jamin 100% bengkel mas bro enggak bakalan laku.
Knalpot Racing Rx King
KNALPOT RACING RX KING 0822 6650 9525

Sesampai di bengkel langganan kami pun langsung minta tolong sama sang dokter alias mekanik untuk mengecek keadaan pasien yg berwujud Knalpot Racing Rx King itu. Saat ditelusuri tenyata material peredam suara di dalam silencer mulai menipis. Sehingga kemampuan peredam berbahan glasswool yg melingkari pipa sarangan tak maksimal mengatur decibel suara.

Pantas saja kalau suaranya berubah jadi cempreng. Busa peredam biasa disebut glasswool. Busa ini memang untuk meredam suara. Tingkat kebisingannya tergantung ketebalan, kerapatan,
dan daya tahan. Jadi apabila Knalpot Racing Rx Kingmotor kita mengeluarkan suara sumbang atau cempreng itu pertanda busa peredamnya mulai tipis sehingga untuk mendapatkan kembali suara knalpot yg merdu maka busa peredam itu harus diganti.

Adapun penyebab glasswool menipis itu diantaranya hilang bersama aliran sisa gas bakar yg bertekanan. Selain terdorong aliran gas buang, material glasswool yg tak tahan panas pun ikut terbakar saat terjadi ledakan di ruang bakar. Makanya mas bro jangan heran kalau glasswool yg bentuknya mirip kapas berwarna kuning atau putih jadi cepat habis.

Nah agar suara Knalpot Racing Rx King milik kita dapat kembali merdu dan enggak fals, Knalpot Racing Rx Kingmotor kita itu harus rajin di servis minimal 4 sampai 6 bulan sekali. Sehingga bukan cuma suaranya enak didengar alias merdu, performa mesin mas bro pun akan di jamin kembali sempurna karena turbulensinya kembali seperti semula. Jadi kalau lagi Nge-Kips sensasi yg kita rasakan bakalan sempurna.

Untuk Knalpot Racing Rx Kingteman saya itu mekanik menyarankan glasswool diganti pakai serat fiber. Mekanik bilang seh lebih tahan lama dari pada glasswool biasa material fiber lebih tahan panas tapi harganya jauh lebih mahal. Tapi, kalau dihitung nilai ekonomisnya, masih dibilang pantaslah karena jangka waktu penggantian dan masa pakai jauh lebih lama dibanding glasswool biasa, jadi Knalpot Racing Rx Kingkita enggak harus sering di servis. Lalu harganya berapaan tuh? Cuma 90 ribu doang koq di luar ongkos pasang pastinya. Karena kita termasuk pelanggan jadi dapat diskon 10 ribu, lumayanlah uangnya dapat buat ngopi-ngopi nanti.

Teman saya setuju aza sih glasswool knalpotnya diganti dg yg berbahan serat fiber walaupun harga belinya jauh lebih mahal jadi sebanding pula dg knalpot. miliknya yg bermerk mahal itu, biar nyambung aza gitu. Mulai dari buka, bongkar, pasang, sampai akhirnya selesai. Tugas kami berdua hanya sebagai peninjau Lah bagai mana enggak di sebut pengacau, mas mekaniknya lagi kerja kami ngajak ngobrol serta harus menjawab pertanyaan-pertanyaan kami dg ikhlas

perihal glasswool tersebut. Setelah beres tanpa kurang satu apapunakhirnya sampailah pada saat yg ditunggu-tunggu, hasilnya  SUARA KNALPOT BAIK PADA PUTARAN MESIN RENDAH ATAU PUN PAS DIGEBER TETAP MERDU

2 komentar:

  1. lur kenalpot setandar recing saya suaranya keras bangat. gimana caranya agar kenalpot recing saya itu jadi rada kalem kaya suara ninja . mohon solusinya lur

    BalasHapus